Wednesday 10 May 2023

Pengertian Politik: Ciri, Tujuan, Konsep ,Contoh Politik Ini!

bukupolitikbaru | Bicara tentang politik mungkin Anda langsung berpikir tentang partai, presiden, pemilihan umum dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemerintahan.
Padahal dalam kehidupan bermasyarakat lingkup kecil seperti keluarga dan lingkungan sekolah saja juga ada yang namanya unsur politik didalamnya.

Sampai saat ini konsep politik sudah diterapkan di seluruh dunia. Adanya politik juga bisa membantu proses pemerintahan yang bisa mengatur suatu tanaman untuk menjadi lebih baik.

Artikel ini akan menjelaskan lebih dalam lagi tentang politik. Mulai dari pengertian, ciri sistem politik, tujuan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan politik.

Jika Anda belum begitu paham begitu banyak tentang politik. Maka penjelasan di artikel ini tentunya juga akan bisa lebih mudah membantumu.

Pengertian Politik


Hal pertama yang akan kita bahas bersama adalah tentang pengertian politik. Pengertian politik juga bisa dilihat berdasarkan sejarah yang ada. Secara etimologi istilah politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis.

Lalu untuk arti dari kata polis sendiri adalah suatu kota yang memiliki status negara kota atau city state. Seiring berkembangnya zaman, pengertian politik juga turut berkembang di Yunani yang dapat ditafsirkan sebagai proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu lain agar bisa mencapai kebaikan bersama.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, politik adalah suatu pengetahuan tentang ketatanegaraan atau kenegaraan seperti sistem pemerintahan dan juga dasar pemerintahan.

Selain itu politik juga bisa diartikan sebagai segala urusan dan tindakan seperti kebijakan, siasat dan lain sebagainya tentang pemerintahan negara atau suatu negara lain.

Politik adalah suatu cara seseorang dalam membuat suatu keputusan pada kehidupan berkelompok. Oleh karena itu politik juga mengacu pada suatu cara membuat kesepakatan antar manusia sehingga mereka bisa hidup berdampingan atau berkelompok dalam suatu suku, kota bahkan hingga di negara.

Lalu untuk ilmu politik merupakan salah satu subjek yang bisa dimanfaatkan untuk membantu manusia lebih mudah memahami apa itu politik. Bisa dibilang jika ilmu politik merupakan suatu ilmu yang membantu mengkaji konsep penentuan tujuan politik dan bagaimana mencapai tujuan dari politik serta segala konsekuensi yang ada di dalamnya.

Selain itu ilmu politik juga mempelajari tentang pemerintahan dalam segala macam bentuk serta aspek-aspek yang ada di dalamnya, baik itu secara teoritis maupun secara praktis.

Sebelumnya ilmu politik merupakan cabang dari filsafat. Namun untuk saat ini, ilmu politik lebih banyak dianggap sebagai ilmu sosial. Dalam ruang lingkup ilmu politik juga memiliki beberapa cabang. Beberapa diantaranya adalah seperti filsafat politik, ekonomi politik atau sejarah pemerintahan.

Lalu ada juga karakter campuran, seperti hak asasi manusia, politik komparatif, administrasi publik, komunikasi politik, dan proses konflik.

No comments:

Post a Comment

Membahas Buku Politik Terbaru: Wawasan dan Analisis

bukupolitikbaru | Dalam dunia yang terus berubah, buku-buku politik terbaru menawarkan wawasan yang mendalam tentang isu-isu global, strate...